Rabu, 31 Mei 2017

Lowongan Kerja Calon Reporter Tempo

PT. Tempo Inti Media Tbk. atau dikenal juga dengan nama PT. TIM adalah perusahaan penerbit majalah yang didirikan pada tahun 2001. Perusahaan ini pada awalnya merupakan hasil penjualan ke publik atas saham dari PT. Arsa Raya Perdanago. Pada tahun 2001 juga penerbit ini menerbitkan harian bernama Koran Tempo dan juga menjadi penerbit dari majalah Tempo.

Menapaki tahun 2015, PT. Tempo Inti Media Tbk, memasuki usia yang ke empat belas. Itu jika dihitung ketika pada tahun 2001, perseroan masuk ke bursa saham, menjadi perusahaan publik. Saat go public itu, sebanyak 725 juta lembar saham ditawarkan ke masyarakat.

Dari aksi korporat tersebut, komposisi kepemilikan saham perusahaan yang sebelumnya bernama PT. Arsa Raya Perdana - lalu menjadi PT. Tempo Inti Media Tbk., sebagai berikut: PT.Grafiti Pers memiliki 21,02%, PT. Jaya Raya Utama (16,28%), Yayasan Jaya Raya (8,54%), Yayasan Tempo 21 Juni 1994 (25,01%), Yayasan Karyawan Tempo (12,09%) dan masyarakat 17,24%.

Namun sejatinya sejarah perusahan ini sudah dimulai sejak 1971, ketika majalah berita mingguan Tempo dengan PT. Grafiti Pers sebagai penerbitnya, terbit perdana pada 6 Maret 1971. Di tahun 1994-1998, penerbitan majalah ini sempat terhenti selama 4 tahun karena dibredel.

Guna menjamin kelancaran penerbitan majalah Tempo, pada 1978 hadir percetakan PT. Temprint. Kini, dengan mesin hibrida asal Amerika Serikat (web dan web commercial) mampu menggabungkan pencetakan format koran dan majalah secara bersamaan, PT.Temprint masuk katagori B (besar). Ia meraih rating bintang empat (rating tertinggi) dalam klasifikasi versi Persatuan Pengusaha Grafika Indonesia. Percetakan ini, juga siap mencetak produk dari luar.

Bersamaan dengan lahirnya PT.Tempo Inti Media Tbk., pada tahun yang sama (2001), lahirlah Koran Tempo yang diterbitkan perseroan untuk berkompetisi di “lapak “ media harian. Koran Tempo yang menjadi pionir sebagai koran dalam format compact di Indonesia ini unggul dalam liputan pemberantasan korupsi, politik dan ekonomi.

Sebaran informasi di bawah bendera PT Tempo Inti Media Tbk. yang berdomisili di Jl. Palmerah Barat no. 8, Kelurahan Grogol Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, itu terus berbiak dengan munculnya produk-produk baru. Kini majalah Tempo English, majalah Travelounge dan media digital tempo.co serta Tempo News Room (TNR), kantor berita yang berfungsi sebagai pusat berita memperkuat Tempo Media Group.

Tempo juga memasuki bisnis televisi dengan mendirikan Tempo TV, bekerja sama dengan kantor berita radio KBR 68H. Selain itu ada Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT), yang hadir dengan sediaan data teks, foto, infografis dan video guna mendukung produk-produk grup, maupun kebutuhan pihak luar.

Di awal 2013, lahir pula PT.Tempo Inti Media Impresario (PT. TIMI), sebuah perusahaan yang mengelola kegiatan-kegiatan (event) yang diselenggarakan atas kerjasama antara Tempo dengan pihak luar. Meskipun sebetulnya event semacam itu sudah sering diselenggarakan Tempo Media Group dalam bendera penyelenggara yang berbeda.

Bersama nahkoda Bambang Harymurti sebagai Direktur Utama dan empat anggota dewan direksi yang lain, Herry Hernawan, Toriq Hadad, Gabriel Sugrahetty Dian K dan Sri Malela Mahargasarie, Tempo Media Group siap mengarungi birunya usaha penyedia jasa informasi.

Pada tahun 2014, yang diwarnai oleh menghangatnya suhu politik dengan adanya pemilihan Presiden RI, menjadi tahun yang kurang menggembirakan bagi perekonomian Indonesia. Nilai tukar rupiah sempat merosot tajam disertai penurunan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia. Namun, di tengah kondisi ekonomi yang kurang mendukung dunia usaha, Tempo Media Group berhasil membukukan laba bersih Rp 15 miliar.

Dengan bekal kinerja positif tersebut, pembangunan Gedung Tempo, yang terletak di Jalan Palmerah Barat Nomor 8, Jakarta Selatan, tetap berlanjut. Kehadiran gedung baru sangat penting bagi Perseroan, yang selama ini kegiatan kerjanya terpisah di banyak lokasi. Kegiatan redaksi dipusatkan di kantor Koran Tempo di Kebayoran Centre. Sedangkan kegiatan usaha—marketing, sirkulasi, keuangan, serta sumber daya manusia dan umum--beroperasi di dua gedung di sekitar Palmerah Utara dan percetakan Temprint berada di kawasan Palmerah Barat. Kondisi seperti itu kadang membuat koordinasi di antara strategic business unit kurang efisien.

Pada 2014, pembangunan Gedung Tempo mendekati tahap akhir, sehingga sejumlah unit bisnis sudah mulai dipindahkan ke gedung baru. Keberadaan semua unit bisnis di bawah satu atap penting untuk meningkatkan kinerja Perseroan. Apalagi berdirinya Gedung Tempo juga membuka peluang bisnis baru bagi Perseroan, yakni penyewaan ruang kantor.

Selain membangun Gedung Tempo, Perseroan melakukan sejumlah investasi strategis di sektor produk digital, di antaranya dengan penambahan jumlah berita yang ditayangkan setiap hari, penambahan server, dan peningkatan frekuensi update berita. Langkah ini dilakukan sebagai respons atas terjadinya peningkatan kepercayaan publik terhadap portal berita Tempo.co, yang jumlah pengunjungnya pada 2014 naik 62,5 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2014, Perseroan juga mengembangkan kualitas dan kuantitas penyiaran TV Tempo serta bersiap menyambut siaran free to air. 

Saat ini perusahaan ini mengundang kandidat terbaik untuk bergabung sebagai:

CALON REPORTER TEMPO 2017

PERSYARATAN:
  • S1 Semua jurusan
  • Indek prestasi IPK minimal 2,8/4,0
  • Usia maksimal 27 tahun
  • Digital media enthusiast

PENDAFTARAN:
Daftarkan diri anda dengan melengkapi formulir ini

DEADLINE:
17 Juni 2017

INFORMASI:
Jika ada pertanyaan bisa menghubungi recruit-imd@tempo.co.id

SUMBER:
Klik disini

0 comments

Posting Komentar